IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH
Oleh : Fatkhiyatul Afifah Alaini
MPI 5 B
Sebelum membahas lebih dalam terkait bagaimana implementasi system informasi manajemen pendidikan islam mari kita fahami dulu apa itu madrasah diniyah tersebut.
Madrasah diniyah merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang mempelajari tentang ilmu keagamaan, yang mana didalam lembaga pendidikan tersebut tidak hanya berfokus pada satu mata pelajaran saja namun berbagai mata pelajaran yang saling berkaitan guna menyempurnakan ilmu-ilmu agama yang telah dipelajari dalam pendidikan formal. Ada pun tingkatan yang ada dalam susunan lembaga diniyah meliputi jenjang madrasah diniyah awaliyah, jenjang madrasah diniyah wustho, jenjang madrasah diniyah ulya.
Dalam istilah lain madrasah diniyah adalah madrasah yang didirikan untuk menunjang pendidikan lembaga formal yang berbasis agama, diantara mata pelajaran yang ada didalam madrasah diniyah ada fiqih,, Nahwu, shorof, tauhid, akidah akhlak dan masih banyak yang lainnya. Semua mata pelajaran yang di ampu menyesuaikan pada kurikulum pembelajarannya yang diterapkan dalam madrasah diniyah tersebut.
Pendidikan ini hampir sama seperti pendidikan formal yang mana harus mengikuti prosedur dari dalam kemenag, ada sertivikasi untuk gurunya dan juga output lulusan yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat luas. Dalam system madrasah diniyah meliputi kurikulum, kompetensi pendidik, system administrasi dan masyarakat.
Kurikulum
Dalam lembaga pendidikan madrasah diniyah pelajaran yang disampaikan harus disesuaikan sesuai dengan tingkatannya, seperti tingkatan awaliyah disitu mereka akan diberi sebuah materi yang hanya meliputi sebuah pengenalan terkait teori-teori tentang keagamaan, akhlak dan lain-lain, sedangkan ditingkatan wustha mereka diberikan materi dan harus dapat mengimplementasikan dari latihan-latihan yang telah diberikan atau semacam praktek. Dan ketika telah menduduki tingkat ulya maka disitu siswa atau santri harus mampu untuk berdiskusi dan menerangkan kepada teman-teman santri atau siswa siswi yang lainnya.
System administrasi
System administrasi didalam madrasah diniyah bersifat kondisional, tergantung dari ekosistem yang ada didalam lembaga diniyah, dan system itu juga akan dapat berubah sewaktu waktu tergantung dari kebijakan peserta didik dan kondisi peserta didik tersebut. Fungsi dari system administrasi itu sendiri adalah sebagai pusat informasi dalam pengembangan ataupun aktifitas santri pada saat proses belajar mengajar yang ada didalam lembaga tersebut, mulai dari pendataan setiap waktu, pengabsenan, pembayaran dan untu pengelolaan data yang lainnya. Cara-cara yang digunakan dalam lembaga pendidikan madrasah diniyah tini telah di implementasika secara nyata.
Pengelolaan madrasah diniyah dilakukan oleh pemerintah yang berada di bidang mentri agama, pembuatan mata pelajaran lembaga pendidikan madrasah diniyah juga dilakukan oleh kementrian agama, dari dalam bidang administrasi ini memang benar madrasah diniyah belum sepenuhnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah, namun dari situ pemerintah tetap mempertahankan usahanya untuk menjadikan lembaga pendidikan madrasah diniyah lebih baik lagi dalam proses pengembangannya.
Sedangkan pengelolaan uang yang ada dimadrasah diniyah sangatlah sederhanya, karna pemasukannya yang terlalu minim dan pengeluarannya juga ketika saat tertentu saja maka pengelolaan keuangannya sangat sederhana. Pemasukan yang dimaksud adalah ketika walisantri memberikan syahriyahnya setiap bulan dan pengeluarannya adalah untuk biaya operasional dan juga gaji untuk tiap guru yang membimbing didalam lembaga madrasah diniyah.
Masyarakat
Masyarakat memiliki peranan terpenting dalam proses berjalannya lembaga pendidikan madrasah diniyah ini, karana mereka merupakan stakeholder eksternal yang memiliki peran penting dalam pengeloannya. Dengan itu komponen yang terdapat jangan sampai terputus guna untuk mengembangkan ketertarikan kepada pendidikan nonformal yang lain seperti yang ada di dalam pondok pesantren.
System informasi manajemen madrasah diniyah dapat diimplementasikan dengan mudah oleh semua santri yang mana output atau kelulusannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Didalam madrasah diniyah sendiri menyimpan sebuah landasan berfikir atau intelektual yang religious yang sangat di perlukan oleh kalangan masyarakat luas sebagai acuan pedoman hidup yang berdasarkan al-Qur’an dan Hadist. Sehingga pengelola madrasah diniyah beserta sumber daya manusia yang ada didalamnya sangat beroptimis dalam hasil perkembangan menuju kesuksesan peserta didik yang lebih baik untuk kedepannya.
Dengan terbentuknya komponen yang terstruktur maka akan menghasilkan berbagai macam kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan lembaga tersebut untuk mewujudkan bahwa lembaga pendidikan madrasah diniyah sangat berkualitas pengelolaan serta outputnya. Dan perlu diketahui kualitas dari lembaga tersebut tergantung pada profesionalitas pendidik dan kelengkapan sarana prasarananya yang membantu dalam menunjang proses pembelajarannya. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam madrasah diniyah sangat banyak yaitu diantaranya papan tulis, spidol papan, penghapus, table data statistic, buku-buku penunjang pembelajaran, bangku, kursi, alat peraga dan lain sebagainya. Semua itu diperlukan guna untuk mempermudah proses pembelajaran agar lebih mudah dalam pemahamannya.
Kembali membahas seorang pendidik yang ada dilembaga madrasah diniyah, pendidik merupakan stakeholder terpenting dalam komponen proses pembelajaran, karna disitu peran pendidik sangat penting dalam membentuk karakter pesrta didik karna pendidikan mata pelajaran saja sangat kurang membantu tanpa landasan dari pendidikan karakter, karakter yang baik terlahir dari pendidik yang baik pula.
Dapat disimpulkan dari awal hingga akhir penerapan system informasi manajemen madrasah diniyah merupakan sebuah proses pengenalan dalam titik-titik yang membahas tentang keagamaan, lembaga dilingkungan masyarakat dan juga pondok pesantren sangat membantu adanya lembaga pendidikan madrasah diniyah ini karna output yang dihasilkan dapat diterapkan untuk pengabdian masyarakat sekitar.
Di era milenial ini intelektual sangat diperlukan dalam tiap-tiap perkembangannya, dari sini dapat membantu para generasi bangsa untuk dapat melek lebih lebar lagi dari memuncaknya teknologi yang berkembang. Banyak mereka yang sudah mengalami virus candu terhadap gadgade, dari situ lembaga pendidikan madrasah diniyah hadir untuk menetralisir semua itu, pengelola yang baik akan menghubungkan pemanfaatan teknologi yang pesat dengan ilmu-ilmu agama yang mengiringinya.
Adapun tujuan berdirinya madrasah diniyah juga sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar sebagai tolak ukur kader-kader generasi muda yang berilmu dan berakhlakul karimah, diantara tujuannya adalah :
Menjunjung tinggi pola berfikir masyarakat yang dirasa kurang memiliki pengetahuan terkait ilmu pendidikan beragama dan umum.
Memperluas pengetahuan ilmu-ilmu agama yang dirasa kurang menyebar luas dikawasan masyarakat.
Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap nilai nilai ilmu agama, tidak hanya umum saja yang dijadikan sebagai penunjang pokok inti ilmu pengetahuan dilingkungan masyarakat.
Menjadi sebuah wadah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan religious dan sainstek.
Menuntun semua masyarakat untuk dapat menikmati kehidupan yang lebih baik untuk menopang kinerjanya sehari-hari dengan pemahaman yang baik dan benar.
Kesimpulan akhir adalah madrasah diniyah merupakan sebuah lembaga pendidikan nonformal yang didalamnya mempelajari ilmu agama sesuai tingkat yang ditentukan. Madrasah diniyah meliputi kurikulum pendidikan, system administrasi dan juga implementasi terhadap masyarakat yang ada. Selain itu tujuan madrasah diniyah juga sangat diharapkan hasilnya oleh masyarakat guna untuk membentuk jiwa masyarakat yang lebih terarah dari tuntunan zaman yang semakin canggih.
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
BalasHapusSISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI) FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT (INSUD) LAMONGAN JAWA TIMUR
1. Bagaimana menurut pendapat Anda terkait dengan pemahaman mata kuliah Sistem Informasi Manajemen?
2. Bagaimana cara Anda mewujudkan implementasi sistem informasi manajemen Madrasah Diniyah?
#insud
#mpiinsud
#mpi4berkarya
#demiilmu
Mata kuliah Manajemen Informasi Manajemen merupakan mata kuliah yang di dalamnya membahas tentang sebuah keefektifan informasi yang dilakukan di dalam sebuah organisasi yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya materi dari dosen saja yang saya terima, namun juga ada berbagai referensi dari buku dan situs Web yang saya kunjungi terkait dengan pengertian dari sistem informasi manajemen ini. Yaitu sebuah pola terstruktur untuk melengkapi segala informasi yang ada di organisasi lembaga tersebut. mulai dari data siswa, guru dan staff yang lainnya, Sistem Manajemen Informasi ini juga meliputi proses perencanaan, pengawasan, penilaian dan pengontrolan, komunikasi juga dibutuhkan dalam setiap proses Sistem Informasi Manajemen ini. Sistem informasi manajemen memiliki beberapa instrumen, yang pertama adalah internet, fungsi dari internet adalh menghubungkan jaringan dengan sesuatu hal lainnya untuk tetap.dapat terjangkau meskipun jarak dan waktu sering tak menentu untuk bertemu, selain itu juga ada komputer yang dapat digunakan untuk mengakses komunikasi lewat informasi yang kita publishkan agar calon peserta dapat menengok dari jauh apa saja sebenarnya aktivitas kita disini.
HapusYang terakhir adalah ekstranet yang mana diartikan bahwa ekstranet merupakan penghubung jaringan yang berbentuk departemen, pemerintah dan lainnya, dari situ dapat kita simpulkan pentingnya sebuah komunikasi dalam lembaga pendidikan. Karna jika komunikasi tidak stabil maka hasil yang didapat juga tidak terstruktur dan akurat.
Dari mata kuliah ini saya juga mulai memahami bagaimana cara penyebaran dan pembagian informasi untuk masyarakat luas terkait sistem informasi manajemen lewat lebuah blogspot pribadi saya sendiri. Sebaiknya mengkaji atau mengolah kata yang baik dulu agar kita tidak seenaknya mengutip hasil karya orang lain, dan alhamdulilah sedikit demi sedikit semua itu bisa ter atasi dengan bimbingan yang telah diajarkan oleh bapak dosen pengampu mata kuliah sistem informasi manajemen. Dan pemahaman lain yang saya peroleh adalh bagaimana pentingnya mengelola komunikasi dalam setiap organisasi agar struktur yang telah direncanakan sesuai dengan impian, tidak hanya itu sistem informasi manajemen ini juga berupa data pribadi siswa maupun guru yang telah terlampir untuk diarsipkan sesuai dengan angkatan masuk dan tiap angkatan akan memiliki arsip masing-masing. Dari data guru disitu berisikan nama, alamat, jabatan, kelahiran, pekerjaan lain, status keluarga dan masih banyak yang lainnya. Sistem manajemen informasi juga merupakan bentuk perencanaan pengelolaan yang mana setiap perencanaan harus dikelola dengan sebenar banarnya, agar supaya menghasilkan wujud yang diharapkan. Selain itu juga pengarsipan administrasi sangat dibutuhkan dalam sistem infomasi manajemen mulai dari keuangan, surat menyurat, data inventaris, data mutasi dan lain sebagainya. Semua itu perlu adanya untuk menjadikan sebuah lembaga terorganisir secara ter struktur untuk memudahkan proses penilaian atau akreditasi yang suatu saat akan terlaksana. Karna banyak saya jumpai lembaga-lembaga sangat kuwalahan ketika menghadapi penilaian oleh pengawas sekolah atau akreditasi. Karna mereka tidak memiliki pengelolaan yang baik dalam sistem informasi manajemennya, hal ini dapat kita jadikan sebuah pelajaran yang sangat membantu kita untuk bekal pengalaman ketika kita sudah keluar dari kampus ini, sistem pengawasan yang kurang berarti membuka celah ruang yang menyesatkan, pemimpin yang baik mereka yang benar dalam memegang amanahnya. Semoga pelajaran yang bapak berikan kepada kami semua selama satu semester kemarin dapat kita ambil sebuah manfaat dannbarokahnya.
#insud
#mpiinsud
#mpi4berkarya
#Demiilmu
Penerapan saya terhadap sistem informasi madrasah diniyah adalah saya akan mengutamakan sebuah perencanaan untuk mengatur segala aktifitas yang akan saya lakukan sebagai pimpinan dari lembaga madrasah diniyah tersebut. perencanaan yang akansaya lakukan hampir sama dengan pendidikan formal ataupun pendidikan yang lainnya seperti merencanakan segala sesuatu yang diperlukan untuk progam setiap kegiatan kedepannya besok agar menjadikan sebuah perencanaan yang menghasilkan lembaga pendidikan sesuai dngan apa yang kita harapkan dan juga menjadikan visi misi yang terbentuk menggapai sasaran yang tepat untuk diwujudkan perencanaan lembaga madrasah diniyah ini bisa di sesuaikan menurut jangka waktu seperti halnya jangka waktu panjang atau jangka waktu pendek agar lembaga juga dapat menyesuaikan dengan keadaan yang ada.
HapusAdapun perencanaan yang harus diperhatikan meliputi : perencanaan tujuan dari sebuah lembaga madrasah diniyah, semua lembaga pasti memiliki harpan dan tujuan masing masing ada beberapa jenis teknk penyampaian materi madrasah diniyah dan itu juga tergantung pada pendidiknya seperti ustadz dan ustadzah ataupun kiyai sesuai penjelasan saya tadi menyesuaikan dengan tingkat kebiasaan maupun kemampuan masyarakat sekitarnya agar adaptasi dan penerimaannya mudah digapai. Diantara teknik penyampaian yang sering digunakan adalah sorogan, musyawaroh dan kajian kitab kitab kuning santri juga diberikan sebuah pencerahan untuk perkembangan diri jadi kata lainnya ilmu ilmu agama dikaitkan dengan dunia yang sudah berEra milenial ini. Dengan menyisipkan sesuatu yang bermanfaat juga untuk kedepannya seperti edupreneur, enterpreneur dan yang lain sebagainya. Untuk kemasyarakatan dan sosialismenya.
Yang selanjutnya adalah perencanaan dalam memilih pendidik. setiap perencanaan memilih seorang pendidik harus diselingi dengan pemantauan yang benar benar diperhatikan karna juga menyangkut intelektual, karakter dan moral peserta didik, karna mereka besoklah yang mampu untuk membuka hati, fikiran para peserta didiknya, maka sepagai uswatun hasanahnya seorang pendidik harus benar benar terpilih dengan baik dan benar, baik melalui penunjukan langsung, rekrutmen, seleksi ataupun mengambil lulusan para alumni. Untuk alumni dapat dilihat dari aktivitas mereka dalam setiap kesehariannya dipondok dahulu. Apakah pantas menjadi cerminan atau malah sebaliknya. Semua itu harus benar benar diperhatikan.
Setelah mengatur perencanaan maka saatnya melakukan pengambilan keputusan disini memang pemimpin madrasah diniyah yang paling berkenan dan memiliki kekuasaan dalam setiap penentuan tapi yang saya inginkan adalah semua perencanaan kita ambil mufakat secara bersama sama untuk hasil yang juga akan kita lakukan prosesnya bersama pula.karna poin paling penting disini adalah pembahasan kurikulum dan perekrutan pendidik yang harus benar benar diperhatikan untuk kemajuan dan berjalannya segala sesuatu yang ada di lebaga pendidikan madrasah diniyah tersebut, semua harus di fikirkan dengan pemikiran mantap dan rsional untuk lembaga yang efektif.
Selanjutnya adalah proses pengendalian pengendalian disini meliputi pengawasan, dan pengevaluasian terhadap setiap program program yang ada dilembaga pendidikan madrasah diniyah tersebut. setiap lembaga pasti ada program evaluasi dari sini pengevaluasian dapat dipandang sesutu yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur keberhasilan suatu lembaga, karna dengan evaluasi kita semua dapat melihat mana program yang berhasil terlaksana yang masih perlu dibenahi, rapat ini diadakan selama lima bulan sekali karna pasti setiap pendidik pasti memiliki banyak urusan yang lain juga, dan untuk menjadikan evaluasi ini seorang pendidik harus aktif dalam mencatat setiap permasalahan yang ada.
#insud
#mpiinsud
#mpi4berkarya
#demiilmu
Semangatt patmeenn
BalasHapus